BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Peringatan HPS ke-36 tahun ini secara nasional mengangkat tema “Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim”. Melalui moment ini Sutono mengharapkan dapat memberikan kesadaran bagi kita semua tentang dampak dan tantangan perubahan iklim terhadap penyelenggaraan pangan.

Deikian dikemukaka Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Satono saat memimpin upacara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 Tahun 2016 Tingkat Provinsi Lampung.


“Selaras dengan tema nasional, HPS ke-36 tingkat Provinsi Lampung adalah membangun kedaulatan pangan melalui pemanfaatan pangan lokal,” jelas Sutono.

Dikatakan Sutono, pencapaian dan pemantapan kondisi ketahanan pangan harus terus dilakukan secara koordinasi. Karena, pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang wajib dipenuhi oleh pemerintah sesuai levelnya.


“Dan saya berharap tidak ada masalah pangan di wilayah kita seperti kelaparan, mal nutrisi, keracunan pangan dan gejolak harga pagan di wilayah kita,” harap Sutono.

Sutono membeberkan, hasil yang cukup signifikan terhadap pembangunan ketahanan pagan di Lampung, baik terhadap sasaran pencapaian pemabangunan nasional maupun provinsi.

“Sejumlah keunggulan provinsi Lampung yang merupakan representasi pembangunan ketahan pangan di Provinsi Lampung antara lain sebagai produsen gula pasir, tapioka, nanas kaleng, udang dan sapi,” jelanya.

Selain itu menurut Sutono, Provinsi Lampung juga merupakan salah satu produsen padi terbesar di Indonesia, penghasil utama kopi, jagung, pisang dan produsen ubi kayu pertama tersebesar secara nasional.

“Ubi kayu merupakan komuditi strategis karena dapat menjadi pengganti beras sebagai bahan pangan pokok dan baku industri di Provisni Lampung,” pungkasnya.***

Sebagai informasi, pada upacara itu juga diberikan piagam penghargaan Adikarya Pangan Nusantara dan penghargaan pemenang lomba manajemen usaha kelompok peternak dan petugas berprestasi tingkat provinsi.

Selain itu diwarnai pula dengan lomba cipta menu dan bazar pangan lokal yang dipusatkan di lapangan Korpri komplek perkantoran Kantor Gubernur Lampung.***

 

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Satono saat memberikan diberikan piagam penghargaan Adikarya Pangan Nusantara dan penghargaan pemenang lomba manajemen usaha kelompok peternak dan petugas berprestasi tingkat provinsi, di Lapangan Korpri, Senin 10 Oktober 2016.

sumber : suara wajar

Search

Visitors Counter

90209
TodayToday86
YesterdayYesterday92
This_WeekThis_Week61
This_MonthThis_Month1168
All_DaysAll_Days90209
Copyright © 2014 BKPD Provinsi Lampung. All rights reserved.