sumber: SGPFMLAMPUNG

BANDAR LAMPUNG, SGPFMLAMPUNG.Com — Bupati, Walikota, Kepala SKPD, Kepala Satuan Kerja Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD, Hotel serta Rumah Makan diinstruksikan untuk mengkonsumsi kudapan berbahan baku pangan lokal Lampung, buah dan sayuran lokal serta memasyarakatkan konsumsi beras siger. Hal itu sesuai dengan Instruksi Gubernur Nomor 4/2015. Demikian disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 35, Hari ini (12/10/2015), di Lapangan KORPRI Bandar Lampung.



Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana didampingi Kabag Humas Heriyansyah peringatan tahun ini bertema “Pangan Lokal sebagai Kekuatan untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan”. Selaku Inspektur Upacara yaitu  Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi. Acara dihadiri Anggota Fokorpimda Prov. Lampung serta sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan ini Pemerintah Provinsi Lampung juga turut memberikan memberikan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pembina, Pemangku, Pelopor, Pelayanan dan Pelaku Ketahanan Pangan Provinsi Lampung 2015. Adapun penerima penghargaan untuk kategori Pembina adalah Nurhakim S.Pd.i dari Lamsel. Kategori Pemangku R. Mulyono, S.Pd dari Lamsel dan Sunarno dari Metro. Kategori Pelopor H. Supar dari Pesawaran. Kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan Sub Pemberdaya Masyarakat adalah KWT Melati Mekar Sari dari Lambar, KWT Bunga Lestari dari Tanggamus dan KUP AN Nahl dari Lamsel. Sedangkan Sub Pengelolaan Pangan Lokal adalah Poklahsar Pasar Mantap dari Lamsel, KWT Sekar Wangi dari Lambar dan KWTMelati dari Metro, serta Sub Peningkatan Produksi Pangan adalah Gapoktan Mekar Tani dari Tanggamus dan Gapoktan Sejahtera dari Lamsel. Untuk Kategori Pelayanan adalah Penyuluh Pertanian dari Lamsel dan Tanggamus.


Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 46/2009 tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal di Provinsi Lampung yang kemudian ditindaklanjuti dengan Intruksi Gubernur Nomor 4/2015.

Lebih lanjut Gubernur juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Hari Pangan Sedunia ke 35 di Provinsi Lampung ini merupakan momen untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan menggalang kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam meningkatkan sinergi menangani masalah pangan.

“Di masa mendatang, upaya pemenuhan pangan akan menghadapi tantangan yang semakin berat, seperti Isu Global Warming serta tantangan Provinsi Lampung untuk mencapai status ketahanan pangan yang mantap”, tambahnya.

Kedepan Provinsi Lampung diperlukan untuk diversifikasi pangan dengan memperluas alternatif pilihan pangan dan mendukung terwujudnya pola pangan sehingga dibutuhkan dukungan kesatuan kerja multisektor dan kerjasama multipihak.


“Diversifikasi pangan dapat meningkatkan ketahanan pangan sehingga dapat sebagai salah satu pilar pemantapan ketahana  pangan dan diperlukan kerjasama multipihak mengingat kondisi yang dihadapi semakin komplek dan tidak akan terselesaikan hanya dengan satu sektor saja”, ungkapnya.***

 

sumber: SGPFMLAMPUNG

Search

Visitors Counter

80589
TodayToday21
YesterdayYesterday165
This_WeekThis_Week291
This_MonthThis_Month2687
All_DaysAll_Days80589
Copyright © 2014 BKPD Provinsi Lampung. All rights reserved.