Agenda acara panggung hiburan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-35 Tahun 2015 dipusatkan di Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan 17-20 Oktober 2015.



PALEMBANG, SGPFMLAMPUNG.Com – Hingga saat ini, seluruh negara anggota FAO memperingati HPS di negaranya masing-masing dengan mengangkat tema nasional yang sejalan dengan tema internasional. Peringatan HPS yang telah dilaksanakan oleh 186 nengara anggota FAO bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional terhadap pentingnya penanganan masalah pangan, baik ditingkat global, regional maupun nasional.

Oleh karena itu tema HPS ditetapkan berbeda setiap tahun, disesuaikan dengan situasi, kondisi dan isu global yang mempengarruhi keberlanjutan pemenuhan pangan dunia.

Di Indonesia, pelaksanaan HPS secara nasional dimaksudkan sebagai media untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan menggalang kerja sama dengan pihak terkait dalam meningkatkan sinergi menangani masalah pangan. Di masa mendatang, upaya pemenuhan pangan akan menghadapi tantangan yang semakin berat. Di masa mendatang, upaya pemenuhan pangan akan menghadapi tantangan yang semakin berat.

Isu dampak perubahan iklim yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan dan perhatian dunia internasional membuktikan bahwa iklim sangat berpengaruh besar terhadap keberlanjutan kehidupan manusia. Di sisi lain, pertumbuhan penduduk selalu diiringi oleh meningkatnya kebutuhan hidup, sementara ketersediaan lahan dan air tidak berkembang, sehingga fenomena ini menyebabkan tekanan terhadap kedua sumberdaya ini semakin berat.

Tujuan umum dari penyelenggaraan peringatan HPS adalah meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan baik di tingkat global, regional, dan khususnya tingkat nasional. Selain itu, memperkokoh solidaritas antar bangsa dalam usaha memberantas kekurangan pangan dan gizi yang masih dialami oleh sebagaian penduduk dunia terutama di negara berkembang.

FAO telah menetapkan tema peringatan HPS 35 tahun 2015 ini adalah “Social Protection and Agriculture“. Perlindungan sosial telah dipilih sebagai tema Hari Pangan Sedunia tahun ini (Word Food Day) utuk menyoroti pentingnya dalam mengurangi kemiskinan pedesaan dan memberikan akses pangan atau sarana untuk memenuhi kebutuhan pangan. Perlindungan sosial dapat didefinisikan sebagai berbagai solusi, sering dikomendasikan dengan satu sama lain, seperti kesempatan kerja, penyediaan pangan, uang dan layanan yang dirancang untuk mendukung dan membantu masyarakat dari kelaparan dan kemiskinan.

Mengacu pada tema internasional tersebut, maka peringatan HPS 35 tahun 2015 di Indonesia mengusung tema “Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan”. Pemilihan tema tersebut juga dengan pertimbangan antara lain, petani sebagai komponen penggerak ekonomi di bidang pangan, antisipasi menghadapi dampak krisis global dalam kaitannya dengan upaya mewujudkan kedaulatan pangan nasional dan kedaulatan pangan merupakan tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat yang mencerminkan kerjasama multi pihak.***

 

Sumber : SGPFMLAMPUNG

Search

Visitors Counter

87856
TodayToday0
YesterdayYesterday98
This_WeekThis_Week75
This_MonthThis_Month2090
All_DaysAll_Days87856
Copyright © 2014 BKPD Provinsi Lampung. All rights reserved.